Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum

Produk baru

Kode buku: RR.AG0253
Penulis: H. Abdul Kosim, Lc., M.M.Pd.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 284 Halaman
ISBN: 978-602-446-299-4

Lebih detail

Rp 61.420

-17%

Rp 74.000

Info lainnya

Bagaimana Islam dapat berfungsi sebagai core ethical values?

Mengapa dengan membaca dan memahami buku ini di dalam perkembangannya akan lahir manusia-manusia bertipikal rasional-religius?

Karena isinya akan menguraikan bagaimana memiliki paradigma berpikir dengan benar, termotivasi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, mampu mengaplikasikan pesan-pesan ajaran Islam, termasuk juga pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (psikomotor).

---

Daftar Isi

Bab I PENGANTAR DAN METODOLOGI PERKULIAHAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
A. Pendahuluan
B. Dasar Hukum Perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI)
C. Kedudukan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Pendidikan Nasional
D. Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI)
E. Peranan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Sikap/Karakter Religius
F. Asas Filosofis dalam Pendidikan Agama Islam (PAI)

Bab II AGAMA SEBAGAI KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA
A. Definisi Agama
B. Sejarah Pemikiran terhadap Agama
C. Agama sebagai Kebutuhan Hidup Manusia
D. Fungsi dan Peranan Agama dalam Kehidupan

Bab III KONSEP MENGENAL ALLAH SWT
A. Definisi Tuhan (Rabb)
B. Konsep Tauhid (Mengesakan Allah SWT)
C. Tauhid Versus Syirik

Bab IV MANUSIA DAN TUJUAN HIDUPNYA
A. Definisi Manusia
B. Proses Kejadian Manusia
C. Perjalanan Hidup Manusia
D. Fungsi Hidup Manusia
E. Pencarian Kebenaran
F. Tujuan Hidup Manusia

Bab V HAKIKAT IBADAH DAN URGENSINYA
A. Definisi Ibadah
B. Macam-Macam Ibadah
C. Tujuan dan Syarat Diterimanya Ibadah
D. Korelasi Niat dengan Pengamalan Ibadah

Bab VI ISLAM SEBAGAI AGAMA
A. Definisi Agama Islam
B. Kedudukan Islam di antara Agama Lain
C. Islam Agama yang Benar
D. Karakteristik Agama Islam
E. Fungsi, Tujuan, dan Cita-Cita Islam
F. Komitmen Muslim terhadap Agamanya
G. Metode Memahami Islam

Bab VII RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM
A. Pendahuluan
B. Akidah
C. Syariat
D. Akhlak

Bab VIII SUMBER JALAN ISLAM
A. Pendahuluan
B. Al-Quran
C. As-Sunnah
D. Ijtihad

Bab IX MEMBENTUK KARAKTER ISLAM
A. Pendahuluan
B. Definisi Karakter (Akhlak)
C. Ancaman Akhlak dalam Kehidupan Modern dan Metode Pencegahannya
D. Konsep Dasar Pembentukan Karakter Islami
E. Metode Pembentukan Karakter Islami
F. Proses Pendidikan Karakter dalam Islam

Bab X PENGEMBANGAN IPTEKS DALAM DIMENSI PENDIDIKAN ISLAM
A. Pendahuluan
B. Konsep Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) dalam Islam
C. Kedudukan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) dalam Paradigma Islam
D. Agama (Islam) dan IPTEKS serta Landasan Integrasi- Interkoneksi antara Keduanya
E. Etika Pengembangan Ilmu, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) dalam Islam
F. IPTEKS sebagai Sarana Mengenal Allah

Bab XI EKONOMI ISLAM DALAM TEORI DAN PRAKTIK
A. Pendahuluan
B. Definisi, Ruang Lingkup dan, Prospek Ekonomi Islam
C. Karakteristik dan Peranan Ekonomi Islam
D. Membumikan Ekonomi Islam: Peluang dan Tantangannya

Bab XII KONSEP PEMBINAAN KELUARGA SEJAHTERA DALAM ISLAM
A. Pendahuluan
B. Konsep Keluarga dalam Islam
C. Konsep Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah
D. Aplikasi Konsep Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah dalam Keluarga
E. Pembinaan Anak dan Pendidikannya

Review

Belum ada review dari pelanggan.

Tulis komentar Anda

Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum

Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum

Kode buku: RR.AG0253
Penulis: H. Abdul Kosim, Lc., M.M.Pd.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 284 Halaman
ISBN: 978-602-446-299-4

30 produk lainnya dikategori yang sama:

Pelanggan yang membeli produk ini juga membeli: