Ragam Fawatih As-Suwar Keindahan, Kesan, dan Pesannya

RR.AG0272

Produk baru

Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag.

Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
304 Halaman
ISBN: 978-602-446-619-0

Lebih detail

Rp 82.500

-25%

Rp 110.000

Info lainnya

Keindahan, urgensi, dan gaya pengungkapan fawātiḥ as-suwar serupa dengan intro pada feature, sehingga ia bisa disebut sebagai intro surah. Variasinya terdiri dari 12 (dua belas) macam, yaitu: (1) Intro Unik/Nyentrik atau Intro Gabungan antara Intro Unik dengan Intro Lainnya, (2) Intro Bersumpah, (3) Intro Panggilan, (4) Intro Pertanyaan, (5) Intro Menunding Langsung, (6) Intro Koersi, (7) Intro Doa, (8) Intro Bersyarat, (9) Intro Kausalitas, (10) Intro Menjerit, (11) Intro Narasi/Bercerita, dan (12) Intro Deskriptif.
Pesan, kesan dan keindahannya bisa digali dari pola dan model yang dapat dikontruksi pada dua unsur komunikasi, yaitu: (1) unsur komunikator dan (2) unsur pesan. Pada unsur komunikator, model pembukaan komunikasi efektif terletak pada strategi yang digunakan oleh komunikator untuk membangun persepsi positif tentang dirinya pada diri khalayak (para pembaca). Konkritnya, Allah sebagai komunikator Alquran membuka komunikasi-Nya pada awal-awal surah dengan menegaskan dan meyakinkan khalayak pembaca bahwa diri-Nya adalah komunikator yang penuh daya tarik, credibel (terpercaya), dan Maha Kuasa. Sedangkan pada unsur pesan, strategi yang digunakan adalah pemanfaatan secara maksimal kekuatan struktur pesan, gaya pesan, appeals pesan.
Gambaran modelnya meliputi 9 (sembilan) kreteria, yaitu (1) menggunakan kalimat yang efektif dan bervariasi, (2) memuat pesan yang penting dan menarik, (3) menggunakan intro yang menarik dan bervariasi, (4) menggunakan diksi secara cermat, (5) berkomunikasi secara santun, (6) memanfaatkan teknik komunikasi secara tepat, (7) memenuhi kreteria barāʻatul istihlāl/Ḥusn al-ibtidā'āt, (8) menggunakan gaya bahasa yang tepat dan indah, dan (9) mengemas komunikasi dengan tataan yang indah.

--------------

Daftar Isi

Bab I PENDAHULUAN
A. Ragam Fawātiḥ As-Suwar
B. Ragam Fawātiḥ As-Suwar dalam Perspektif Komunikasi Massa

Bab II INTRO UNIK
A. Penggunaan Ḥurūf At-Tahajjī Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Unik

Bab III INTRO BERSUMPAH
A. Penggunaan Kalimat Sumpah Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Bersumpah

Bab IV INTRO PANGGILAN
A. Penggunaan Kalimat Panggilan Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Panggilan

Bab V INTRO PERTANYAAN
A. Penggunaan Kalimat Tanya Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Pertanyaan

Bab VI INTRO MENUDING LANGSUNG
A. Penggunaan Kalimat Menuding Langsung Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Menuding Langsung

Bab VII INTRO KOERSI
A. Penggunaan Kalimat Perintah Pada Awal Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Koersi

Bab VIII INTRO DOA
A. Penggunaan Doa Pada Awal Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Doa

Bab IX INTRO BERSYARAT
A. Penggunaan Kalimat Syarat Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Bersyarat

Bab X INTRO KAUSALITAS
A. Penggunaan Kalimat Alasan Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Kausalitas

Bab XI INTRO MENJERIT
A. Penggunaan Kalimat Interjektif Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Menjerit

Bab XII INTRO NARASI DAN INTRO DESKRIPSI
A. Penggunaan Kalimat Berita Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Narasi
C. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Deskripsi

Bab XIII PENUTUP

Review

Belum ada review dari pelanggan.

Tulis komentar Anda

Ragam Fawatih As-Suwar Keindahan, Kesan, dan Pesannya

Ragam Fawatih As-Suwar Keindahan, Kesan, dan Pesannya

Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag.

Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
304 Halaman
ISBN: 978-602-446-619-0

30 produk lainnya dikategori yang sama: